Saturday 7 June 2014

Biografi Singkat Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi Al-Atsari


Nasab
            Beliau adalah seorang Syaikh salafi, pengarang kitab-kitab manhaj dan peneliti kitab-kitab ilmiah, nasab Beliau adalah Ali bin Hasan bin Ali bin Abdulhamid, Abul Harits, penisbatan Beliau adalah al-Halabi, adapun tempat hijrahnya adalah Yordania.
            Ayah dan kakek Syaikh Ali hijrah dari kota Yafa, Palestina menuju Yordania pada tahun 1368 H (1948 M), karena adanya peperangan yang dikobarkan oleh zionis Yahudi.
Tempat & Tahun Kelahiran
            Syaikh Ali al-Halabi dilahirkan di kota az-Zarqâ’ Yordania pada tanggal 29 Jumadil Ula tahun 1380 H.
Pendidikan
            Syaikh berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan tingkat atas dengan sukses pada tahun 1398 H (1978 M). Kemudian Beliau melanjutkan pendidikannya ke fakultas Bahasa Arab di Amman, untuk mempelajari cabang ilmu bisnis dan akuntansi, akan tetapi Allah tidak menakdirkan kepada Beliau untuk menyelesaikan kuliahnya tersebut.

Guru
            Syaikh memulai menuntut ilmu agama sekitar seperempat abad yang lalu. Dan Beliau mengambil ilmu ini dari banyak guru. Berikut diantara guru Beliau yang terkemuka:
·   Al-’Allâmah, Ahli hadits, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani v.
Beliau bertemu dengan Syaikh al-Albani pada akhir tahun 1977 M di kota Amman. Dan pada tahun 1981 M Beliau belajar dari Syaikh al-Albani kitab Isykâlât al-Bâ’its al-Hatsîts dan beberapa kitab lainnya.
··    Pakar bahasa, Syaikh Abdulwadud az-Zarori,
··   Juga Syaikh yang mulia Muhammad Nasib ar-Rifa’i, dan beberapa ulama lainnya.
Sanjungan & Pujian
            Begitu banyak ulama yang mengalamatkan sanjungan kepada Beliau, diantara mereka adalah Syaikh al-Albani, Syaikh Bin Baz, Syaikh Bakr Abu Zaid, Syaikh Muqbil bin Hadi v, Syaikh Abdulmuhsin al-’Abbad, dan ulama-ulama lainnya. 
Karya & Tulisan
            Adapun karya tulisan dan kitab-kitab yang Beliau teliti jumlahnya mendekati dua ratus kitab, baik berupa artikel, sebuah kitab, maupun yang kitab berjilid-jilid jumlahnya.
Dan diantara karangan yang paling penting adalah kitab:
Ilmu Ushûl al-Bida’,
Dirâsât Ilmiyyah fî Shahîh Muslim,
Ru’yah Wâqi’iyyah fî al-Manhaj ad-Da’awiyyah,
An-Nukat ‘alâ Nuz-hah an-Nazhor,
Ahkâm asy-Syitâ` fî as-Sunnah al-Muthahharoh,
Ahkâm al-’Iedain fî as-Sunnah al-Muthahharoh,
Ad-Da’wah ila Allah baina at-Tajammu’ al-Hizbi wa at-Ta’âwun asy-Syar’i,

            Sebagian kitab dan karangan Syaikh Ali al-Halabi telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, diantaranya ke dalam bahasa Ingris, Perancia, Ordo, Indonesia, Adzarbaijan, dan bahasa Kosovo.
Kata penutup
Inilah biografi singkat dari seorang Da’i besar, ‘Alim, al-’Allâmah, Syaikh Ali bin Hasan al-Halabi al-Atsari حفظه الله. Semoga Allah memberikan manfaat kepada kaum muslimin yang membacanya.Amin.

No comments:

Post a Comment